Kamis, 28 Mei 2015

RPP IPS KTSP kelas V semester 2



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN IPS
Dosen Pengampu : Rusmawan., S.Pd., M.Pd

Disusun oleh :

                                    Agustinus Nugrahanto                        131134097
                                    Yunita Cahyarini                                 131134165
                                    Nurhayati                                            131134164
                                    Devina Anky Arifania                                    131134174
4A

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2015




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan                 : SD KANISIUS TEMANGGUNG
Mata Pelajaran                                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                                     : V / 2
Alokasi Waktu                                      : 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi      
2.         Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
B.Kompetensi Dasar
2.3.      Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
C.    Indikator
  1. Kognitif          :
a. Produk: membuat  laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
b. Proses: menyebutkan sikap menghargai jasa dan peranan tokoh dalam      memproklamasikan kemerdekaan
2.      Afektif
                               a.      Percaya diri dalam mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di depan kelas
                              b.      Menghargai teman yang sedang mempresentasikan laporan di depan kelas
3.      Psikomotor
a. Mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan di depan kelas

D.    Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Kognitif           :
Produk: Dengan menyimak panggung cerita, siswa mampu membuat  laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan benar.
Proses: : Dengan menyimak panggung cerita, siswa mampu menyebutkan sikap menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat.
2.   Afektif
                               a.      Siswa dapat menunjukkan sikap percaya diri melalui kegiatan mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di depan kelas dengan tepat
                              b.      Siswa mampu menunjukkan sikap menghargai teman yang sedang mempresentasikan laporan di depan kelas dengan benar
3.    Psikomotor:
a.  Melalui kegiatan menyimak panggung cerita, siswa mampu mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan di depan kelas dengan benar

E.       Materi Pembelajaran 
Jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia    
a.        Tokoh-tokoh bangsa dalam mempersiapkan kemerdekaaan Indonesia
b.      Sikap menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang dalam memprokmasikan kemerdekaan
F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
1.  Pendekatan                 : Saintifik
2.  Metode Pembelajaran : diskusi, ceramah, bermain, dan tanya jawab.

G.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media      : Panggung cerita
Alat         : Kardus, boneka
Sumber    : Yuliati, Reni dan Ade Munajat. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.      Kegiatan Awal
-          Guru memberi salam kepada peserta didik.
-          Guru menyapa dan melakukan presensi peserta didik.
    -  memulai pelajaran dengan berdoa
    -  doa dipimpin oleh salah seorang siswa

a. Apersepsi
guru menanyakan beberapa pertanyaan
Siapa yang tahu tanggal berapa Indonesia merdeka?”
Apa maksud dari merdeka itu?”

     b. Motivasi
     Guru memberikan motivasi kepada siswa  
     dengan bernyanyi lagu “Hari Merdeka”
     c. Orientasi
     Guru bertanya pada siswa mengenai isi lagu tersebut:
-          Setelah kita bernyanyi lagu hari Merdeka kira-kira kita akan belajar tentang apa?
     Guru menyimpulkan jawaban siswa dan
     mengkaitkan jawaban siswa dengan materi
     yang akan dipelajari

2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Siswa diminta untuk menyimak drama panggung cerita yang disajikan guru (mengamati)
-          Guru memberikan pertanyaan berdasarkan isi cerita drama yang sudah disajikan (menanya)
    Elaborasi
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru (menalar)
-          Siswa diminta untuk membuat laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan (mencoba)
Konfirmasi
-          Setiap siswa diminta untuk maju ke depan dan mempresentasikan hasil laporan (mengkomunikasikan)
-          Siswa dan Guru bermain kuis seputar materi yang sudah diberikan

3.   Penutup
-    Merangkum
Siswa dan guru bertanya jawab:
“Apa yang sudah kita pelajari hari ini?”
“Apa saja peranan para tokoh dalam upaya memproklamasikan kemerdekaan?”
“Apa usaha kita untuk menghormati jasa dan peranan mereka?”
-    Mengevaluasi
Siswa diminta untuk menuliskan menyebutkan beberapa contoh upaya atau sikap menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat.
Guru bersama siswa memperbaiki apabila terdapat hal yang salah dan menguatkan hal-hal yang sudah benar.
-    Merefleksi dan tidak lanjut
Siswa menuliskan nilai-nilai yang sudah mereka temukan pada pembelajaran di kertas refleksi yang sudah dibagikan, beserta kesulitan yang dialami dan rencana ke depan supaya dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih baik.
Selanjutnya guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
Apabila evaluasi kepada siswa belum selesai, guru meminta siswa untuk melanjutkan di rumah dan dijadikan sebagai pekerjaan rumah.

Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa,

10 Menit



































55  menit



























5  menit



I.         Penilaian    :
1.      Penilaian Kognitif

                         a.         Penilaian Produk
Indikator               : membuat  laporan tentang peranan tokoh dalam  memproklamasikan kemerdekaan.
Teknik                   : Unjuk Kerja

Aspek yang Dinilai
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Isi Laporan
Isi laporan menyebutkan tokoh lengkap, beserta peranan tokohdengan lengkap dan benar .
Isi laporan menyebutkan tokoh lengkap, beserta peranan tokoh kurang lengkap lengkap namun benar
Isi laporan menyebutkan tokoh kurang lengkap beserta peranan tokoh kurang lengkap namun benar .
Isi laporan menyebutkan tokoh tidak lengkap beserta peranan tokoh tidak lengkap dan salah
Tata Bahasa
Laporan dibuat dengan menggunakan bahasa baku, dan memperhatikan tanda baca.
Laporan dibuat dengan menggunakan bahasa baku, namun kurang memperhatikan tanda baca.
Laporan dibuat dengan bahasa yang kurang baku, dan kurang memperhatikan tanda baca.
Laporan dibuat dengan bahasa yang tidak baku, dan tidak memperhatikan tanda baca.
Kerapian
Tulisan rapi tidak keluar dari garis kertas, dan sangat mudah dibaca.
Tulisan rapi tidak keluar dari garis kertas, dan sulit dibaca.
Tulisan tidak rapi, keluar dari garis kertas, dan sulit dibaca.
Tulisan tidak rapi, keluar dari garis kertas, dan sangat sulit dibaca.



                        b.         Penilaian Proses
                  Indikator               : Menyebutkan  sikap mengharagai jasa dan peranan pahlawan?
                  Teknik                   : Tes
Kunci                       :  a.  Bertanggung jawab sebagai warga Negara sesuai hak dan kewajiban.
                                    b. Merelakan sebagian milik pribadi untuk kepentingan umum, seperti untuk pembangunan jalan dan memberikan sumbangan kepada korban bencana alam.
                                     c. Menanamkan pengertian di dalam hati, bahwa perjuangan untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan merupakan ibadah sebagimana diajarkan oleh agama.
                                    d. Adanya sikap saling menghormati antarmanusia.
                                     e. Bersikap dan berbuat adil terhadap sesama manusia.
Skor                       : jumlah jawaban benar x 20




Penilaian afektif
1.      Indikator            :
 a. Percaya diri dalam mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di depan kelas
b.      Menghargai teman yang sedang mempresentasikan laporan di depan kelas
No.
Pernyataan
Pilihan Sikap
4
3
2
1

1.
Percaya diri
Siswa mempresentasikan laporan dengan suara lantang sambil menatap ke depan
Siswa mempresentasikan laporan dengan suara lantang namun tidak menatap ke depan sesuai.
Siswa mempresentasikan laporan dengan suara cukup namun tidak menatap ke depan
Siswa mempresentasikan laporan dengan suara pelan dan tidak  menatap ke depan
2.
Menghargai
Siswa memperhatikan teman yang sedang presentasi dan tidak melakukan aktivitas lain
Siswa memperhatikan teman yang sedang presentasi dan kadang-kadang melakukan aktivitas lain
Siswa  kurang memperhatikan teman yang sedang presentasi dan kadang-kadang melakukan aktivitas lain
Siswa  tidak memperhatikan teman yang sedang presentasi dan sering melakukan aktivitas lain

skor     = poin yang didapat x 10
                                    8

C. Penilaian Psikomotor
Indikator  : a. Mempresentasikan laporan tentang peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan di depan kelas
Pernyataan
Kriteria penilaian
4
3
2
1
Presentasi
Siswa mempresentasikan laporan dengan sangat komunikatif tanpa membaca hasil laporan
Siswa mempresentasikan laporan dengan cukup komunikatif dengan kadang-kadang membaca hasil laporan
Siswa mempresentasikan laporan dengan kurang komunikatif dengan sering membaca hasil laporan
Siswa mempresentasikan laporan dengan tidak komunikatif dengan selalu membaca hail laporan


1 komentar: