Kamis, 28 Mei 2015

RPP IPS kelas II Semester 2 KTSP



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PKn
Dosen Pengampu : Paulus Wahana., M.Hum
Disusun oleh :
Vinsensia Daviga
Agustinus Nugrahanto
L. Desy N
Mariyah






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2014








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan                 : SD KANISIUS TEMANGGUNG
Mata Pelajaran                                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                                     : II / 2
Alokasi Waktu                                      : 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi      
3. Menampilkan sikap demokratif
B.Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah
C.    Indikator
  1. Kognitif          :
a. Produk: membuat cerita tentang kegiatan bermusyawarah yang pernah dilakukan
    b. Proses: menyebutkan maanfaat kegiatan bermusyawarah

2.      Afektif
                               a.      Percaya diri dalam mensimulasikan cerita tentang kegiatan bermusyawarah yang diberikan oleh guru
                              b.      Bekerja sama dalam kelompok saat bermain peran
3.      Psikomotor
                 a. Mensimulasikan kegiatan bermusyawarah bersama kelompok

D.    Tujuan Pembelajaran (TP):
1. Kognitif           :
Produk: melalui pengalaman pribadi, siswa mampu membuat cerita tentang kegiatan bermusyawarah yang pernah dilakukan dengan minimal menuliskan 10 kalimat.
Proses: Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan 4 manfaat kegiatan bermusyawarah dengan benar
1.      Afektif
                               a.      Siswa dapat menunjukkan sikap percaya diri melalui kegiatan mensimulasikan cerita yang diberikan oleh guru tentang kegiatan bermusyawarah dengan benar
                              b.      Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok melalui kegiatan mensimulasikan cerita tentang kegiatan musyawarah dengan tepat
3.    Psikomotor:
a. Siswa dapat mensimulasikan kegiatan bermusyawarah melalui bermain peran dengan benar

E.       Materi Pembelajaran 
Kegiatan bermusyawarah
a)      Pengertian musyawarah
b)      Sikap yang baik dalam kegiatan musyawarah
F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran :
1.  Pendekatan                 : CTL
2.  Metode Pembelajaran : diskusi, ceramah, bermain, dan tanya jawab.

G.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media      : bermain peran, ceita tentang “Musyawarah Para Binatang”.
Alat         : buku guru dan buku siswa, serta perlengkapan bermain peran
Sumber    : Widihastuti, Setiati dan Fajar Rahyuningsih. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelasa II. Jakarta: PT Pustaka Instan Madani.

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.      Kegiatan Awal
-          Guru memberi salam kepada peserta didik.
-          Guru menyapa dan melakukan presensi peserta didik.
    -  memulai pelajaran dengan berdoa
    -  doa dipimpin oleh salah seorang siswa

a. Apersepsi
guru menanyakan beberapa pertanyaan
Siapa ketua kelas di kelas ini?”
Siapa yang masih ingat, bagaiman cara memilih  
  ketua kelas?”

     b. Motivasi
     Guru memberikan motivasi kepada siswa  
     dengan bercerita tantang “Musyawarah Para
     Binatang"
     c. Orientasi
     Guru bertanya pada siswa mengenai isi cerita tersebut:
-          Dari cerita tersebut menceritakan tentang apa?
     Guru menyimpulkan jawaban siswa dan
     mengkaitkan jawaban siswa dengan materi
     yang akan dipelajari

2.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Siswa diminta membaca LKS bagian I (mengamati)
-          Guru memberikan pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan pemilihan ketua kelas yang telah dilakukan (menanya)
Elaborasi
-          Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru (menalar)
-          Siswa diminta untuk membuat cerita berdasarkan kegiatan musyawarah yang pernah dilakukan (mencoba)
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
-          Guru membagikan naskah pada setiap kelompok
Konfirmasi
-          Setiap kelompok mensimulasikan naskah yang diberikan oleh guru dengan bermain peran (mengkomunikasikan)

3.   Penutup
-    Merangkum
Siswa dan guru bertanya jawab:
“Apa yang sudah kita pelajari hari ini?”
“Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bermusyawarah?”
-    Mengevaluasi
Siswa diminta untuk menuliskan 4 manfaat kegiatan bermusyawarah
Guru bersama siswa memperbaiki apabila terdapat hal yang salah dan menguatkan hal-hal yang sudah benar.
-    Merefleksi dan tidak lanjut
Siswa menuliskan nilai-nilai yang sudah mereka temukan pada pembelajaran di buku refleksi.
Siswa diminta untuk menanyakan pendapat tentang menu makan malam di keluarganya
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa,

10 Menit



































55  menit



























5  menit



I.         Penilaian    :
1.      Penilaian Kognitif

                         a.         Penilaian Produk
Indikator               : Membuat cerita tentang kegiatan bermusyawarah yang
                                pernah dilakukan .
Teknik                   : Unjuk Kerja

Aspek yang Dinilai
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Keruntutan Cerita
Alur waktu sangat jelas dan cerita tidak diulang-ulang.
Alur waktu jelas, namun cerita diulang-ulang.
Alur waktu kurang jelas dan cerita diulang-ulang.
Alur waktu tidak jelas dan cerita diulang-ulang.
Tata Bahasa
Ceirta dibuat dengan menggunakan bahasa baku, dan memperhatikan tanda baca.
Cerita dibuat dengan menggunakan bahasa baku, namun kurang memperhatikan tanda baca.
Cerita dibuat dengan bahasa yang kurang baku, dan kurang memperhatikan tanda baca.
Cerita dibuat dengan bahasa yang tidak baku, dan tidak memperhatikan tanda baca.
Kerapian
Tulisan rapi tidak keluar dari garis kertas, dan sangat mudah dibaca.
Tulisan rapi tidak keluar dari garis kertas, dan sulit dibaca.
Tulisan tidak rapi, keluar dari garis kertas, dan sulit dibaca.
Tulisan tidak rapi, keluar dari garis kertas, dan sangat sulit dibaca.



                        b.         Penilaian Proses
                  Indikator               : Menyebutkan maanfaat kegiatan bermusyawarah.
                  Teknik                   : Tes
                  Kunci                    : Musyawarah dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah
                                                  Musyawarah dapat memperkokoh kerukunan
                                                  Musyawarah dapat mempererat kerja sama
                                                  Musyawarah mengajari untuk menghormati orang lain

Skor                       : jumlah jawaban benar x 25


Penilaian afektif
Indikator            : a. Percaya diri dalam mensimulasikan cerita tentang kegiatan  
                 bermusyawarah
b.      Bekerja sama dalam kelompok saat bermain peran

No.
Pernyataan
Pilihan Sikap
4
3
2
1

1.
Percaya diri
Siswa mensimulasikan cerita dengan suara lantang dan gerakan yang sesuai.
Siswa mensimulasikan cerita dengan suara lantang dan gerakan yang kurang sesuai.
Siswa mensimulasikan cerita dengan suara yang pelan dan gerakan yang tidak sesuai.
Siswa mensimulasi-kan cerita dengan suara yang sangat pelan dan gerakan yang tidak sesuai.
2.
Bekerja sama dalam kelompok
Bisa berdiskusi dan bekerja dalam kelompok dengan memberikan ide, tanggapan, dan menerima masukan dari teman
Bisa berdiskusi dan bekerja dalam kelompok dengan memberikan ide dan tanggapan
Bisa berdiskusi dan bekerja dalam kelompok dengan memberikan ide atau tanggapan
Dalam berdiskusi dan bekerja dalam kelompok tidak dengan memberikan ide atau

skor     = poin yang didapat x 10
                                    8

C. Penilaian Psikomotor
Indikator  : a. Mensimulasikan kegiatan bermusyawarah bersama kelompok

Pernyataan
Kriteria penilaian
4
3
2
1
Bermain peran
Bisa terampil  dalam bermain peran dan yang didikerjakan sesuai dengan karakter yamg dimainkan
Bisa terampil  dalam bermain peran namun karakter yang dimainkan kurang sesuai dengan pekerjaan yang dimainkan
kurang bisa terampil  dalam bermain peran dan pekerjaan yang dilakukan kurang sesuai demgam peran yang dikerjakan
Tidak bisa terampil dalam bermain peran sesuai dengan karakter yang dimainkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar